Informasi Karang Gigi | Kawat Gigi | Gigi Berlubang

Wednesday, September 9, 2015

Apakah harus selalu menyikat gigi setelah makan agar gigi tetap sehat?

Anjuran menyikat gigi yang terbaik adalah minimal dua kali sehari. Pada waktu sebelum tidur malam dan setelah sarapan pagi hari. Kebiasaan di masyarakat adalah menyikat gigi pada waktu mandi pagi sebelum sarapan. Hal ini adalah tindakan yang kurang tepat.
sikat gigi setelah makan
Kebiasaan yang kurang tepat di masyarakat juga pada waktu menyikat gigi dengan terlalu cepat dan hanya sebentar. Kebersihan lidah juga masih awam. Sebaiknya setelah menyikat gigi, lidah juga dibersihkan bisa dengan alat khusus pembersih lidah maupun dengan sikat gigi yang lembut. Sikat gigi yang baik adalah sikat gigi yang kepalanya semakin mengecil dan bulu sikat yang lembut.
Perlu diketahui bahwa setelah kita makan makanan yang asam dan minum-minuman yang bersoda sebaiknya jangan sikat gigi. Mengapa demikian? Karena jenis makanan tersebut bisa melemahkan emai gigi. Jika setelah kamu makan jenis asam dan bersoda kemudian sikat gigi maka lapisan email gigi bisa hilang. Padahal email gigi adalah lapisan pelindung pertama dari gigi. Sebaiknya jika kamu ingin menggosok gigi setelah 30 menit kemudian.
Apabila kita mengkonsumsi makanan yang sehat seperti nasi, sayur, buah, maupun daging kita bisa menyikat gigi. Kalau makanan yang sehat tidak akan memberi pengaruh seperti minuman yang bersoda.

Pastikan pasta gigi kamu mengandung fluoride dan zinc citrate yang bisa membunuh kuman penyebab gigi berlubang. Agar mulut benar-benar fresh dan bersih, kamu bisa menggunakan obat kumur yang tersedia di apotek dan minimarket terdekat. 
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment