Informasi Karang Gigi | Kawat Gigi | Gigi Berlubang

Wednesday, September 9, 2015

Mengenal bahan tambal gigi amalgam dan komposit

Bahan yang biasa untuk tambal gigi di dokter gigi adalah amalgam, komposit, porselen, dan logam. Kesempatan kali ini saya akan membahas amalgam dan komposit beserta perbedaannya. Dokter sendiri akan memasang bahan tambal gigi sesuai dengan kondisi gigi kamu. Memilihkan yang terbaik dan aman untuk gigi kamu agar gigi yang bolong tidak semakin lebar dan tidak terasa sakit.
Mengenal bahan tambal gigi amalgam dan komposit
Amalgam
Amalgam ini termasuk jenis logam biasanya digunakan untuk menambal gigi yang berlubang dan gigi yang patah. Amalgam warnanya keperakan. Pada zaman dahulu sebelum ditemukan zat lain untuk tambal gigi, amalgam banyak ditemukan. Namun sekarang dokter sudah tidak lagi menggunakan amalgam. Mengapa demikian? Karena amalgam masih dimungkinkan mengandung merkuri. Merkuri ini bisa menyebabkan penyakit yang serius seperti penyakit paru-paru dan bisa menyebabkan kanker.
Mengenal bahan tambal gigi amalgam dan komposit
Komposit
Saat ini masih banyak dokter gigi yang menggunakan bahan komposit. Warna komposit sama dengan warna gigi yakni warna putih. Keuntungan tambal gigi dengan bahan komposit adalah lebih kuat, lebih baik, dan lebih halus. Saat ini jenis komposit yang banyak digunakan adalah komposit ukuran kecil karena bahannya lebih halus dan lebih kuat.
Pemakaian komposit tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Proses penambalan gigi dengan komposit sekitar 1 jam. Itu juga tergantung dari penambalan pada gigi apakah tambalannya luas atau tambalannya sedikit.
Baca biaya tambal gigi di puskesmas dan dokter
Proses pemambalan dengan komposit
Pertama yang akan dilakukan oleh dokter adalah dengan cara membuang atau mengikis bagian gigi yang telah rusak, penerapan esta asam, dan penyinaran. Setelah semuanya sudah siap, selanjutnya pemasangan bahan resin komposit pada gigi. Kemudian disinari lagi agar bahan komposit menempel dengan kuat.
Agar tambal gigi dengan komposit awet
Tambal gigi dengan komposit ini terbilang cukup lama yakni sekitar 3 tahun hingga 8 tahun. Sebaiknya setelah beberapa hari setelah penambalan gigi tidak memakan makanan yang keras hal ini dikhawatirkan tambalan gigi lepas.
Rating: 4.5

1 comments:

  1. Samsung Titanium Watch - TITaniumArms
    As a true premium watch, our premium watch where can i buy titanium trim measures 4" in length and titanium damascus knives has an titanium blue LCD display. An ultra-realistic titanium chainmail premium everquest titanium watch that features an

    ReplyDelete