Informasi Karang Gigi | Kawat Gigi | Gigi Berlubang

Thursday, September 10, 2015

Cara ampuh mencegah gigi berlubang

Mencegah gigi berlubang atau karies. Banyak di kalangan masyarakat kita mengalami karies. Penyebab utamanya adalah karena kesadaran mereka yang masih rendah untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Hal ini juga didukung dengan pengetahuan mereka yang masih kurang sehingga mengabaikan kesehatan gigi.
Cara ampuh mencegah gigi berlubang
Kita pun yang sudah tahu mengenai betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi masih saja enggan untuk menjaga kebersihan gigi. Misalnya saja rasa malas yang selalu menghinggapi kita untuk menyikat gigi sebelum tidur. Banyak dari kita yang baru menyadari kalau semua hal itu sudah terjadi. Right? Ketika kita mengalami gigi berlubang baru kita mengeluh dan berkata “seandainya kalau saya rajin sikat gigi dengan cara yang benar, maka saya tida akan merasakan seperti ini”.
Berikut cara yang paling ampuh agar kamu terhindar dari gigi berlubang:
1. Rajin menyikat gigi dengan cara yang benar.
Rajin menyikat gigi tapi caranya kurang benar, maka hasilnya kurang maksimal. Yang benar adalah rajin sikat gigi tapi cara menyikat giginya juga benar. Minimal kita sikat gigi dua kali yakni pada waktu pagi hari setelah sarapan dan pada malam hari sebelum kita tidur.
 Jika ingin hasil yang terbaik, Anda bisa sikat gigi pada waktu setelah makan siang atau sebelum tidur siang. Banyak dari kita yang masih lupa kalau mau tidur siang tidak menyikat gigi. Bakteri di gigi itu tidak tidur lho. Jika ada sisa makanan yang manis menjadi sasaran empuk si bakteri untuk mengubahnya menjadi zat asam yang bisa merusak gigi kita.
2. Menggunakan obat kumur
Sikat gigi saja masih kurang karena masih dimungkinkan bakteri bersembunyi disela-sela gigi yang sangat sempit dan tidak terjangkau oleh bulu sikat gigi. Dengan berkumur dengan obat kumur, maka air obat kumur bisa menjangkau seluruh gigi Anda. Obat kumur ampuh untuk membunuh kumat yang menyebabkan gigi berlubang. Manfaat lain dari obat kumur adalah mencegah Anda bau mulut.
3. Menjaga pola makan yang sehat

Makanan yang manis-manis dan asam itulah yang merusak gigi kita. Oleh karenanya kita harus bisa mengurangi makan-makanan tersebut. Disarankan jika setelah makanan yang manis-manis maupun minuman bersoda untuk berkumur-kumur agar sisa makanan yang manis itu bisa hilang di mulut. Langkah yang baik adalah dengan menyikat gigi setelah makan makanan yang manis dan juga lengket. Jika Anda setelah mengkonsumsi minuman atau makanan yang asam jangan langsung menyikat gigi. Lebih baik tunggu 30 menit agar email gigi tidak banyak terkikis. Mengkonsumsi banyak sayuran dan buah juga bagus untuk kesehatan gigi juga.
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment