Informasi Karang Gigi | Kawat Gigi | Gigi Berlubang

Wednesday, September 9, 2015

Cara memilih sikat gigi yang baik

Setelah mengetahui cara menyikat gigi yang benar tentu kita juga harus memperhatikan bagaimana kriteria sikat gigi yang baik itu? Apakah sikat gigi itu harus yang mahal atau bagaimana?
Memilih sikat gigi yang baik
Kalau kita masuk ke minimarket banyak tersedia sikat gigi dengan berbagai model dan berbagai merek. Berikut kriteria sikat gigi yang baik.
Ukuran sikat gigi
Pemilihan sikat gigi yang baik sesuai dengan ukuran mulut Anda. Pilihlah sikat gigi yang sekiranya sesuai dengan ukuran mulut Anda. Sikat gigi yang baik juga ujung kepala sikat gigi mengecil. Mengapa harus pilih sikat gigi yang bagian ujung kepalanya mengecil? Agar bagian gigi geraham yang dalam bisa terjangkau oleh sikat gigi. Bagian gigi geraham ini sering tidak terjangkau oleh sikat gigi sehingga banyak orang yang mengalami sakit gigi geraham. Sekarang saatnya ganti sikat gigi Anda jika bagian kelapa sikat gigi tidak mengecil.
 Untuk anak-anak pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan usianya.Ganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali. Namun jika sebelum 3 bulan itu struktur sikat gigi sudah berubah, Anda bisa secepatnya menggati sikat gigi.
Jenis bulu sikat
Bulu sikat yang terbaik adalah jenis yang medium. Adapun dipasaran tersedia yang soft dan hard. Dampak buruk dari ujung bulu sikat gigi bisa merusak bagian gusi dan akar gigi. Padalah jika gusi sekali luka akan lebih sensitif dan bisa menimbulkan pembengkakan. Saat menyikat gigi hendaknya tidak terlalu kencang dan keras.
Untuk anak-anak sebaiknya menggunakan sikat gigi yang mempunyai ujung bulu sikat yang lembu.
Sikat gigi elektrik
Sikat gigi ini cocok digunakan bagi mereka yang mengalami keterbatasan. Misalnya karena susah menggerakan tangan dan bahu.
Cara merawat sikat gigi yang baik
1. Tidak memakai sikat gigi yang sudah 3 bulan pakai.
2. Sikat gigi jangan sampai tertukar atau pernah dipakai oleh orang lain.
3. Mencuci bersih sikat gigi setelah digunakan dan tempatkan ditempat yang bersih dan kering.
4. Mengganti sikat gigi jika Anda sudah sembuh dari batuk atau flu karena dikhawatirkan kambuhnya penyakit tersebut.
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment