Informasi Karang Gigi | Kawat Gigi | Gigi Berlubang

Thursday, September 10, 2015

Kebiasaan yang menyebabkan gigi ngilu

Jika gigi anda terasa ngilu pada saat makan sesuatu, sebaiknya segera hentikan makan makanan tersebut. Rasa ngilu itu pertanda gigi mengalami erosi gigi. Erosi gigi adalah rusaknya lapisan email gigi akibat proses kimiawi yang disebabkan oleh zat asam pada makanan atau minuman tersebut.Proses erosi gigi ini tidak melibatkan bakteri.
Kebiasaan yang menyebabkan gigi ngilu
Berikut kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan gigi menjadi ngilu:
1. Makan makanan yang asam seperti rujak (rujak mangga), permen yang asam, dan acar.
2. Minum minuman yang asam seperti jus jeruk, jus jeruk nipis, kopi,jus stroberi, minuman bersoda, dan yoghurt.
3. Minuman es seperti es krim dan es batu.

Jika rasa ngilu itu ditahan dan melanjutkan makanan tersebut maka dikhawatirkan email gigi menjadi lunak. Padahal lapisan pelindung gigi yang pertama adalah email gigi.
Kebiasaan buruk yang berpotensi besar dalam masalah gigi ngilu adalah mengemut permen asam. Jadi resiko gigi terpapar oleh zat asam semakin lama.
Untuk menghindari gigi rasa ngilu jika Anda ingin minum minuman yang asam bisa dibantu dengan sedotan. Sedotan sangat baik untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi. Dengan memakai sedotan, gigi tidak terpapar langsung terkena air asam. Artinya air yang kita minum bisa langsung kita telan.

Untuk mengatasi gigi yang sensitif seperti ngilu, Anda bisa memakai pasta gigi yang mengandung HAP Mineral dan Pottasium citrate. Setelah makan atau minuman yang asam hindari sikat gigi setelahnya. Tunggu setelah 30 menit kemudian. Demikian penjelasan kebiasaan yang menyebabkan gigi ngilu. Kunjungi terus untuk update informasi seputar kesehatan gigi di blog ini.
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment