Informasi Karang Gigi | Kawat Gigi | Gigi Berlubang

Thursday, September 10, 2015

Makanan dan minuman asam penyebab gigi sensitif

Penyebab gigi sensitif atau ngilu diantaranya adalah makan atau minum-minuman yang rasanya asam. Mengapa bisa begitu? Zat asam yang terkandung pada makanan atau minuman dapat menyebabkan erosi gigi.
Makanan dan minuman asam penyebab gigi sensitif
Erosi gigi ini adalah pengikisan gigi pada bagian email gigi maka bagian dentin gigi akan terbuka sehingga terasa ngilu pada gigi. Beberapa jenis makanan atau minuman yang mengandung zat asam adalah mangga muda, jus jeruk, minuman bersoda, yogurt, dan kopit.

Bagi Anda yang sering mengalami ngilu pada saat makan atau minuman tertentu bisa hati-hati terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan sedotan jika minuman tersebut terasa asam. Dengan memakai sedotan, gigi lebih sedikit atau jarang terkenan minuma yang asam. Baca manfaat sedotan dalam mengurangi kerusakan gigi.
Untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi, Anda bisa memakai pasta gigi yang mengandung Pottasium citrate dan HAP mineral. Setelah makan atau minum minuman yang asam jangan langsung menyikat gigi. Tapi 30 menit kemudian Anda bisa menyikat gigi. Karena pada waktu itu gigi masih dalam keadaan lemah dan bagian email mudah terkikis.

Apabila masih terasa ngilu terus kalau makan maupun minum sesuatu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi terdekat. Karena gigi yang ngilu juga bisa bermasalah dengan syaraf bagian gigi.
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment