Informasi Karang Gigi | Kawat Gigi | Gigi Berlubang

Saturday, August 29, 2015

Apa resiko pemakaian kawat gigi?

Ternyata pada pemakaian behel atau kawat gigi ada resikonya, baik itu jangkap panjang maupun jangka pendek. Oleh karena itu kamu harus benar-benar memasang behel pada dokter yang ahli orthodonti. Karena ada dokter gigi tapi belum spesialis dan belum bersertifikat orthodonti.
Apa resiko pemakaian kawat gigi?
Apa saja resiko jangka pendek pemakaian kawat gigi?
1.  awal pemakaian, biasanya pasien akan mengalami iritasi akibat gesekan antara kawat gigi dengan bibir atau bagian dalam. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dokter akan memberikan tips dan obat agar tidak terjadi sariawan atau iritasi yang lama.
2. Selama pemakaian behel, kita akan sulit menyikat gigi kita. Pasti ada sisa makanan yang belum hilang baik disela-sela gigi maupun sela-sela behel. Jika hal tersebut dibiarkan terus maka akan timbul karang gigi dan bisa mengakibatkan gigi berlubang. Untuk menghindari hal tersebut, rutin tiap 3 bulan pergi ke dokter gigi untuk membersihkan gigi.
Resiko jangka panjang pemakaian kawat gigi
1. Pada pemakaian kawat gigi akan mengakibatkan akar gigi semakin memedek karena tekanan dari kawat sehingga gigi bergeser ke arah yang ditentukan. Hal ini bisa berakibat gigi tidak lagi kokoh karena akar giginya sudah memendek.
2. Jika tidak mengikuti petunjuk dokter, gigi yang sudah tertata rapi bisa kembali ke kondisi semula.
Itulah resiko dari pemakaian kawat gigi. Kamu perlu memutuskan segera untuk apa kamu memakai behel dan seberapa pentingnya untuk kehidupan dirimu.
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment