Informasi Karang Gigi | Kawat Gigi | Gigi Berlubang

Monday, September 7, 2015

Penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya

Penyebab gigi berlubang adalah kebersihan mulut kurang terjaga dan sering mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Bakteri di mulut akan senang sekali jika di dalam mulut banyak sisa makanan yang banyak mengandung gula seperti permen dan coklat.
Penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya
Mengapa makanan yang manis-manis menjadi biang keladinya? Sebenarnya tidak juga. Tergantung dari kita yang sudah merawat gigi dengan benar atau tidak. Jika di mulut banyak sisa makanan manis, bakteri akan mengubahnya menjadi asam. Asam itulah yang menyebabkan gigi kita menjadi terkikit. Mulai terkikit pada lapisan pertama gigi (email gigi) kemudian selanjutnya sampai ke dasar gigi yakni yang berisi pembuluh darah dan juga syaraf.
Cara mengatasi gigi berlubang
Lubang gigi akan semakin besar jika tidak segera ditangani. Bagaimana cara mengatasi gigi yang berlubang? Segera konsultasi dengan dokter gigi terdekat. Dokter akan memeriksa gigi kamu dan bisa dilakukan penambalan pada gigi. Sebelum dilakukan penambalan, biasanya dokter akan menyarankan pembersihan karang gigi. Karang gigi juga menjadi penyebab gigi berlubang.
Setelah dilakukan penambalan gigi, sebaiknya dalam waktu beberapa jam atau satu hari tersebut jangan memakan makanan yang keras seperti keripik dan sebagainya untuk menghindari tambalan gigi lepas. Namun dengan teknologi sekarang ini, setelah melakukan penambalan gigi, kamu bisa mengkonsumsi jenis makanan apa saja.
Agar gigi yang masih sehat tidak bolong lagi, sebaiknya selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Selengkapnya baca cara menjaga kebersihan gigi dan mulut. Melakukan pemeriksaan yang rutin tiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment