Informasi Karang Gigi | Kawat Gigi | Gigi Berlubang

Monday, September 7, 2015

Penyebab gigi berlubang pada anak

Apa penyebab gigi berlubang pada anak kecil atau balita? Pada dasarnya anak kecil suka dengan makanan yang manis-manis seperti permen, coklat, dan es krim.
Penyebab gigi berlubang pada anak
Tidak heran mereka yang usianya 3 tahun sampai 5 tahun giginya sudah gupis (hitam) dan gerahamnya bolong. Penyebab utama dari gigi yang berlubang pada anak-anak adalah kebersihan mulut anak-anak tidak terjaga karena masih jarang mereka menyikat gigi dan banyak makan makanan yang manis-manis.
Jika makanan yang manis-manis atau sisa makanan manis tersebut berada di sekitar mulut, maka bakteri akan memproses gula tersebut menjadi asam. Sifat dari asam adalah membuat korosi. Asam tersebut akan membuat gigi semakin terkikis (merusak email gigi) sehingga lama-kelamaan gigi akan menjadi berlubang.
Jika lubang gigi sudah mencapai bagian pembuluh dan syaraf, anak akan merasa sakit gigi. Kasihan banget kan kalo si kecil sakit gigi. Makan sangat susah, terus mau gimana lagi coba kalau semua itu sudah terjadi? Sebaiknya kita mencegah semua itu sejak dini.
Orang tua sangat berperan pada masalah ini. Kita harus mengajarkan mereka untuk menggosok gigi walaupun mereka belum benar dalam menyikat setidakya sudah bisa menghilangkan kotoran sedikit-sedikit.
Selain mengajarkan menyikat, mereka juga harus dibatasi mengkonsumsi makanan yang manis-manis seperti yang sudah dijelaskan di atas. Mengajarkan mereka untuk berkumur setelah makan permen atau coklat agar sisa makanan manis tersebut tidak banyak menumpuk pada gigi. Itulah ulasan mengenai penyebab gigi berlubang pada anak.
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment