Informasi Karang Gigi | Kawat Gigi | Gigi Berlubang

Tuesday, September 1, 2015

Kelemahan pemasangan kawat gigi pada usia dewasa

Perkembangan pemasangan kawat gigi pada tiga tahun kebelakangan begitu pesat. Anak-anak maupun orang dewasa banyak yang memakai kawat gigi. Ahli orthodonti berpendapat bahwa pemakaian kawat gigi tidaklah menjadi masalah selama kita butuhkan manfaatnya.
Sebenarnya pemakaian kawat gigi sejak dini sangat bagus. Yakni rentang usia 7 tahun hingga 14 tahun dimana mereka mengalami masa pertumbuhan yang pesat demikian juga pertumbuhan gigi. Pada usia ini dikhawatirkan pertumbuhan gigi ada yang menyimpang karena berbagai hal, misalnya karena struktur rahang dan kebiasaan makan juga berpengaruh.
Saat ini perkembangan kawat gigi semakin modern. Selain lebih aman karena terbuat dari bahan yang baik untuk gigi dan mulut, lebih ringan, dan lebih variatif bentuk dan warnanya. Tapi tidak menghilangkan substansi dari manfaat pemasangan kawat gigi.
Pemasangan kawat gigi pada usia dewasa memerlukan perawatan yang intens dibandingkan pada anak-anak. Selain itu perlengkapannya juga lebih banyak. Secara lebih jelas, berikut kelemahan pemasangan kawat gigi pada usia dewasa:
1. Lama pemakaian kawat gigi cenderung lebih lama dibandingkan dengan lama pemakaian pada anak-anak.
2. Pada orang dewasa umumnya mengalami radang gusi sehingga selama pemakaian kawat gigi terganggu dan pemasangannya lebih sulit.
3. Perubahan posisi gigi karena pemasangan kawat gigi akan menyebabkan gigi mudah tanggal dan tidak kuat.
4. Pemasangan kawat gigi relatif lebih sulit karena harus memperhatikan banyak faktor seperti rahang dan gigi sudah tidak lagi mengalami pertumbuhan. Kalau dipaksa terus gigi bisa tanggal.

Itulah empat hal yang perlu diperhatikan pada pemasangan kawat gigi pada usia dewasa. Pada usia 20 hingga 27 tahun masih ada toleransi pada pemasangannya. Namun bagi yang berusia 30 tahun ke atas dapat menjadi masalah. Tapi bagi temen-temen yang sekedar memasang kawat gigi hanya untuk fesyen tidaklah masalah dan tidak tergantung pada usia. Karena pemasangannya hanya sebagai aksesoris layaknya aksesoris yang menempel pada pakaian. 
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment