Informasi Karang Gigi | Kawat Gigi | Gigi Berlubang

Friday, August 28, 2015

Mengenal Bagian-Bagian Kawat Gigi

Kawat Gigi - Sebelum kamu memakai behel atau kawat gigi, yuk kita kenali dulu benda yang akan menempel pada gigi kita sehingga kita bisa bersahabat dengannya. Pada umumnya kawat gigi terdiri dari 4 bagian yakni sebagai berikut:


Mengenal bagian-bagian kawat gigi


1. Bagian kotak-kotak kecil yang terletak di sepanjang kawatnya. Kotak-kotak ini berfungsi sebagai penahan di depan gigi agar gigi dapat tersusun secara teratur dan sejajar. Sebenarnya terbuat dari bahan apa kotak-kotak kecil itu? Biasanya terbuat dari bahan plastik berwarna, keramik, polikarbonat, titanium, dan baja. Yang biasa kita lihat behel berwarna-warni adalah kotak-kotak kecil ini.

2. Bagian kawat yang mengelilingi gigi disebut dengan cincin ortodontik. Cincin ini terbuat dari bahan titanium atau baja. Biasanya jenis cincin ini juga menentukan harga dari behel. Kalau yang transparan biasanya lebih mahal. Ada juga yang berwarna-warni sehingga tampilan lebih menarik. Yang biasa kita lihat adalah bagian kawat yang menghubungkan antara kotak yang satu dengan kotak yang lainnya.

Usia yang tepat untuk memakai behel

3. Ada kawat yang berfungsi sebagai penentu arah pergerakan gigi. Kawat ini disebut dengan kawat lengkung. Kawat lengkung direkatkan pada kotak-kotak kecil. Pada umumnya kawat ini terbuat dari bahan titanium, tembaga, atau nikel. Sifat dari bahan ini lebih fleksibel dan elastis daripada bahan baja. Oleh karena itu bahan ini mudah disesuaikan dengan kondisi gigi pasien.

4. Aksesoris kawat gigi. Ada berbagai model dari warna-warna kawat dan bentuk dari kotak-kotak kawat yang biasa kita temui. Kamu bisa pilih yang sesuai dengan selera kamu.

Demikianlah pembahasan mengenai bagian-bagian kawat gigi. Setelah kamu memakai, saatnya foto selfie akan menghiasi galeri hape dan galeri laptor kamu.
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment