Informasi Karang Gigi | Kawat Gigi | Gigi Berlubang

Friday, August 28, 2015

Kapan Waktu Yang Tepat Memasang Behel?

Kapan Waktu Yang Tepat Memasang Behel - Sebenarnya kapan sih waktu yang paling tepat bagi kamu untuk pasang behel atau kawat gigi? Kita kembali ke tujuan awal bahwa pemasangan kawat gigi atau behel adalah untuk merapikan struktur gigi yang tidak teratur. Seharusnya pemasangan kawat gigi di usia 8-14 tahun dimana pada usia tersebut gigi kita mulai tumbuh. Pertumbuhan gigi di usia tersebut sangat rentan tidak teratur seperti arahnya ada yang maju, ke belakang, dan ke samping. Selain itu, proses pertumbuhan tulang rahang juga berpengaruh terhadap arah pertumbuhan gigi.


Kapan waktu yang tepat memasang behel?

Para dokter gigi menyarankan untuk memeriksakan anak sejak dini yakni ulai usia 7 tahun. Setelah diperiksakan, dokter gigi spesialis ortodonti bisa memprediksikan proses pertumbuhan gigi sehingga bisa mengambil penanganan sejak dini yaitu perlu dipasang behel ataukah tidak.

Pada kenyataannya saat ini, yang menggunakan kawat gigi adalah orang yang sudah dewasa. Malahan anak kecil jarang sekali yang memakai kawat gigi. Padahal yang sangat perlu adalah mereka yang masih dalam tahap pertumbuhan. Namun tidaklah masalah jika yang sudah dewasa memakai kawat gigi.

Ada perbedaan pada pemakaian behel pada orang dewasa dan anak-anak. Kalau orang dewasa membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pemakainnya. Mengapa demikian? Karena rahang orang dewasa tidaklah berkembang lagi. Kalau pemakaian kawat gigi pada anak-anak relatif lebih sedikit waktu pemakaiannya. Dan tergantung dari pertumbuhan anak tersebut.

Baca manfaat behel gigi secara rinci

Kesimpulannya adalah waktu yang paling tepat untuk pemakaian kawat gigi adalah pada usia 8 tahun sampai 14 tahun. Karena di usia tersebut anak dalam masa pertumbuhan. Akan tetapi bagi orang dewasa juga tidak masalah ketika memakai behel.
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment