Informasi Karang Gigi | Kawat Gigi | Gigi Berlubang

Thursday, September 3, 2015

Sakit gigi saat hamil muda

Tidak sedikit ibu hamil muda yang mengalai sakit gigi. Sakit gigi yang diakibatkan oleh perubahan hormon progesteron dan estrogen yang cukup signifikan. Gusi akan menjadi lebih sensitif pada usia hamil muda atau trimester pertama dan akhirnya akan menjadi rahang gusi. Jika dibiarkan terus, gigi akan menjadi goyah.
Sakit gigi saat hamil muda
Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya ibu hamil selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi seperti rajin menggosok gigi tiga kali sehari. Hal yang sering terlupakan ialah pada waktu sebelum tidur siang ibu hamil tidak menggosok gigi dan juga pada waktu malam tidak menggosok gigi.
Baca artikel : Apa boleh cabut gigi ketika hamil?
Jika bakteri atau kuman banyak berkembang di mulut dan bisa menimbulkan karang gigi, ini lah yang menjadikan gusi meradang. Pada saat itu juga gusi sedang sensitif sekali.
Jika sudah demikian mengalami sakit gigi atau radang gusi, segera berkonsultasi ke dokter gigi terdekat. Dokter akan melakukan pembersihan karang gigi atau akan memberikan obat pereda nyeri yang sesuai untuk ibu hamil. Jadi jangan sembarang mengkonsumsi obat dari hasil beli sendiri di warung maupun apotek.
Pemberian obat yang tidak sesuai bisa mempengaruhi perkembangan janin. Itulah pembahasan sakit gigi pada saat hamil muda. Take care!!
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment