Informasi Karang Gigi | Kawat Gigi | Gigi Berlubang

Thursday, September 3, 2015

Cara menghilangkan karang gigi yang membandel dengan cepat

Banyak yang bertanya, bagaimana sih cara untuk menghilangkan karang gigi yang membandel dengan cepat? Walau sudah sering sikat gigi tapi karang gigi tidak hilang juga. Dan sudah memakai obat kumur pun karangnya masih ada.
Cara menghilangkan karang gigi yang membandel dengan cepat
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kita koreksi dulu apakah kita sudah menyikat gigi secara benar? Apakah kita sudah benar-benar menjaga kebersihan gigi dan mulut. Kalau secara benar, dalam waktu 1 bulan hingga 2 bulan karang gigi sudah mulai terlihat jelas bahwa karang gigi sudah berkurang.
Tidak bisa pungkiri bahwa cara yang paling efektif dalam menghilangkan karang gigi adalah dengan melakukan scaling di dokter gigi. Biayanya sangat terjangkau kok, kalau di puskesmas kisaran Rp30.000 hingga Rp60.000. Kalau melakukan scaling atau pembersihan karang gigi di dokter praktek klinik mulai dari Rp150.000.
Perlakuan scaling di dokter gigi dikalukan 6 bulan sekali, namun itu tergantung dari keadaan pasien apakah si pasien karang giginya parah atau tidak. Jika parah bisa di scaling beberapa kali tahapan.
Pada umumnya, faktor yang mempengaruhi timbulnya karang gigi adalah pada faktor kebersihan mulut dan struktur gigi seseorang. Pada struktur gigi yang tidak teratur atau sangat rapat akan mudah timbul karang jika tidak secara intens menjaga kebersihan mulut dan gigi.
Kami akan merekomendasikan agar timbulnya karang gigi atau plak bisa dicegah dengan cara berikut:
1. Rajin menyikat gigi minimal 2 kali tapi sekarang menyikat gigi yang baik adalah 3 kali dalam sehari. Kapan saja waktunya? Pada waktu pagi setelah sarapan, pada waktu siang setelah makan siang atau sebelum tidur siang, dan pada waktu sebelum tidur malam.
2. Berkumur dengan obat kumur setelah kita menyikat gigi.
3. Menggunakan dental floss atau benang gigi, cukup 1 kali saja dalam sehari kalau tidak bisa dua hari sekali.
4. Pahami cara menyikat gigi secara benar.
Kesimpulan cara menghilangkan karang gigi yang membandel dengan cepat adalah dengan melakukan pembersihan karang (scaling) di dokter gigi. Jika tidak kamu bisa rajin membersihkan gigi dengan cara di atas, tapi membutuhkan waktu yang tidak singkat dan kamu harus rutin menjaga kebersihan gigi.
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment