Informasi Karang Gigi | Kawat Gigi | Gigi Berlubang

Wednesday, August 26, 2015

Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri/Tanpa ke Dokter

Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri/Tanpa ke Dokter - Cara membersihkan karang gigi sendiri. Karang gigi adalah zat yang terbentuk dari plak dan zat kapur pada air liur. Plak pada gigi merupakan timbunan dari bakteri pada gigi. Saat kita berkaca, plak mudah terlihat saat kita membuka mulut. Hal ini akan berbahaya bagi kesehatan gigi kita. Pada saat bakteri berinteraksi dengan makanan yang kita makan yang melepaskan zat asam sehingga bisa merusak gigi kita. Plak yang sudah mengeras atau tidak segera dibersihkan makan akan menyebabkan karang gigi yang sulit dibersihkan. Untuk menghilangkan plak masih mudah, cukup dengan sikat gigi dengan teratur maka plak gigi akan hilang.

Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri

Cara membersihkan karang gigi sendiri


Cara membersihkan karang gigi yang bisa kamu lakukan di rumah yang kami kutip dari ehow.com.

Menggunakan baking soda


1. langkah pertama

Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1/2 sendok teh garam dapur ke dalam cangkir kecil. Basahi sikat gigi kamu dengan air hangat, dan mencelupkan sikat gigi kamu pada baking soda dan garam.

2. langkah kedua

Menyikat gigi secara merata. kamu juga bisa meludah seperti saat menggosok gigi dengan pasta gigi. Celupkan sikat gigi pada cangkir dan gosokan pada gigi lagi. Terus menggosok gigi selama lima menit.

3. Langkah ketiga

Bersihkan mulut dengan air biasa. Berkumur lagi dengan pembersih mulut/mouth wash yang kamu miliki di rumah.

Baca juga: Cara Menjaga Kebersihan Gigi


Menggunakan obat kumur


Kamu bisa membeli obat kumur untuk karang gigi yang tersedia di apotik. Kamu bisa menggunakan obat kumur dua kali sehari yaitu pada saat pagi dan malam sebelum tidur. Jangan sampai obat kumur ini tertelan. Berkumur  selama satu atau dua kemudian bersihkan mulut kamu dengan air.

Menggunakan benang gigi


Benang gigi tersedia pada apotik atau dokter gigi. Gunakan benang gigi untuk membersihkan gigi kamu secara menyeluruh. Saat menggunakan benang gigi harus hati-hati. Jangan sampai melukai gusi.

Untuk menghindari karang gigi balik lagi, kamu harus rajin melakukan perawatan gigi di rumah dengan sikat gigi secara teratur dan berkumur dengan pembersih mulut. Gunakan pasta gigi yang cocok dengan gigi kamu.
Mengganti sikat gigi jika sudah tidak layak digunakan. Demikianlah 3 cara untuk membersihkan karang gigi. Jika kita bisa melakukannya di rumah. Mengapa harus pergi ke dokter?
Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment